17.7.07

Hal-Hal yang Sering Ditanyakan

Dimanakah uang Dinar Iraq yang baru ini dicetak ?
Dicetak di percetakan uang De la Rue Inggris, perusahaan security printer terbesar di dunia. Banyak negara-negara lain yang mencetak uangnya di sini.

Mengapa saat ini saya tidak dapat membeli New IQD melalui bank international atau Money Changer?
Bank-bank internasional atau money changer belum dapat menyediakan New IQD karena untuk saat ini belum termasuk dalam mata uang yang diperdagangkan. Nilai tukar New IQD masih lemah tetapi trennya terus menguat. Saat nanti tingkat nilai tukarnya mencapai angka tertentu maka pasti akan diperdagangkan secara resmi sehingga bisa diperoleh pada bank-bank internasional atau money changer.


Bagaimanakah saya memastikan bahwa uang ini Asli?
Banyak cara untuk memastikannya, seperti adanya watermarks, garis metalik, tinta metalik, yang semuanya hanya bisa dilihat oleh sinar violet. (alat ini selalu ada di Bank atau beli sendiri). Pada tanggal 15 Oktober 2003, Bank Iraq menyatakan sudah mulai beredarnya uang Dinar Iraq yang Baru untuk mengganti uang Dinar yang lama. Pecahannya terdiri dari 50, 250, 500,1000, 5000, 10000, dan 25000. Untuk lebih meyakinkan Anda, Anda bisa membeli uang Dinar ini dan membawanya ke kedutaan besar Iraq di Jakarta untuk mencek kebenarannya.

Mengapa saya tidak dapat membeli IQD dengan rate yang saat ini terdaftar pada Central Bank of Iraq atau dengan harga resmi currency exchange ?
Karena nilai tukar tersebut hanya berlaku pada institusi atau nasabah bank setempat.
Terdapat perbedaan harga yang mencolok antara harga jual nilai mata uang ini dengan harga resmi currency exchange. Mengapa harganya di MarkUp ? Jika Anda tahu resiko untuk mendapatkan uang ini dengan pergi ke Iraq, maka Anda akan memakluminya. Harga di Markup karena adanya pengorbanan resiko dari pihak supplier kami di Yordania untuk pergi ke Iraq, waktu, Bank Charges, bea kirim dan lain-lain. Bayangkan jika Anda harus pergi sendiri ke Yordania dan dilanjutkan jalan darat ke Iraq yang saat ini kondisinya belum stabil.

Bagaimana saya dapat mengikuti nilai pertukaran dari New IQD?
Anda dapat menemukannya pada keterangan perubahan nilai tukar mata uang pada web Bank Sentral Iraq(Central Bank of Iraq) di http://www.cbiraq.org/ atau di www.xe.com/ucc/

Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tingkat nilai tukar yang resmi ditetapkan-meningkat misalnya pada posisi IQD1=US$1 atau IQD1=US$ 0.5 ?
Waktu yang dibutuhkan mungkin saja hanya satu tahun, atau beberapa tahun lagi! Menurut kami IQD adalah investasi jangka panjang yang mungkin baru bisa dipetik hasilnya setelah 5-15 tahun mendatang. Inilah mengapa kita perlu bersabar dan dalam jangka waktu ini kita manfaatkan dengan membeli IQD sampai sebatas kita mampu!! karena jika sudah ditetapkan pada nilai tersebut, anda akan mendapatkan harga beli IQD ini sangat mahal bisa 10 sampai 20 kali lipat karena banyak orang yang akan mencari IQD ini dan otomatis stok di pasaran akan menipis. Mumpung harganya masih murah dan belum banyak yang tahu, tak ada salahnya memilikinya dari sekarang.

Bagaimana jika Iraq memutuskan untuk mengubah mata uang mereka lagi?
Kemungkinan besar tidak akan terjadi. Sangat mahal bagi sebuah negara untuk mengubah mata uangnya dan tidak ada indikasi ke arah tersebut karena Irak telah dikuasai oleh Amerika Serikat dan sekutunya. New IQD telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Iraq, dan telah mempersatukan negara ini di bawah satu mata uang. Terlalu mahal biaya yang ditanggung bank sentral dan pemerintah Iraq jika IQD ini diganti lagi. Bukan perkara mudah memperkenalkan dan menyosialisasikan IQD ini ke rakyat Iraq apalagi dalam kondisi perang. Itu belum termasuk IQD yang sudah tersebar ke seluruh dunia yang dimiliki oleh para investor yang melihat peluang besar IQD ini. Sudah tak terhitung jumlahnya IQD yang sudah dibeli para investor dari seluruh dunia. Banyak orang di Iraq sangat bangga pada mata uang mereka, karena merefleksikan banyak sejarah dan kekuatan penting di Iraq. New IQD juga merupakan suatu pengingat pada mereka bahwa Saddam telah keluar dari kehidupan sehari-hari mereka. Pada 2004, mereka mulai membuat pecahan yang lebih kecil, juga koin, untuk mendorong semakin meningkatnya nilai tukar IQD. Ini juga merupakan suatu konfirmasi tentang komitmen jangka panjang mereka terhadap mata uang ini.

Kapan uang ini bisa ditukarkan & kira-kira berapa nilai tukar/jualnya ?
Saat ini belum bisa ditukarkan di bank maupun Money Changer karena memang belum diperjualbelikan di pasar uang internasional secara resmi. Tapi Jika pemerintahan Iraq telah menset exchange rate untuk dijual bebas di pasaran, Anda bisa pergi ke beberapa Bank Internasional atau Money Changer untuk menukarkannya (konfirmasi dulu ke bank/Money Changer). Terus terang kami juga tidak tahu berapa nilai tukar/jual IQD nanti jika sudah diperdagangkan. Hal ini tergantung waktu dan nilai tukar yang akan ditetapkan nantinya.

Jika Anda beranggapan IQD adalah sebuah bentuk investasi yang sangat baik, mengapa Anda menjualnya?
Ini adalah pertanyaan yang wajar, dan pasti akan ditanyakan oleh banyak orang. Prinsipnya, tidakkah Anda akan mencoba untuk mendapatkan sebanyak dan secepat mungkin untuk diri Anda, jika Anda dimungkinkan untuk itu?
Saat saya pertama kali mendengar tentang IQD, yang ingin saya lakukan hanyalah membeli sebanyak yang saya mampu. Saat itu yang dapat saya beli hanya sejumlah 2 juta IQD. Seiring dengan waktu, saya mulai menyadari betapa besarnya market untuk IQD ini. Saya memutuskan untuk mulai menjual IQD sesegera mungkin. Tujuannya adalah menghasilkan sedikit keuntungan dengan lebih cepat melalui setiap penjualannya. Keuntungan itu akan saya gunakan lagi untuk menambah stok mata uang IQD sampai batas-batas tertentu. Dan jangan lupa saat IQD akhirnya ‘meledak’ di pasar internasional, saya juga akan memiliki stok yang besar sekali untuk saya uangkan! Saya akan seperti duduk di pundi-pundi emas.